Penyakit Rematik pada Lansia

Penyakit Rematik pada Lansia – Penyakit rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah terkenal sejak berabad-abad tahun yang lalu hingga saat ini. Penyakit rematik masih menjadi suatu hal yang sangat menakutkan karena penderitanya yang semakin bertambah. Satu dari enam orang didunia mengalami penyakit rematik, dan diperkirakan penderitanya setiap tahun akan mengalami peningkatan.

Penyakit Rematik pada Lansia

Penyakit Rematik pada Lansia

Penyakit Rematik pada Lansia

Penyakit rematik diambil dari bahasa Yunani, yakni rheumaticos. Dan lebih dikenal di bahasa latin rhematismos. Penyakit rematik biasanya menyerang bagian sendi, dan juga bagian anggota gerak yang lainnya misalnya adalah bagian tulang sendi, otot, serta tulang belakang, biasanya akan menimbulkan rasa nyeri serta kaku pada sistem musculoskeletal atau bagian sendi, tulang jaringan ikat dan juga dibagian otot. Biasanya penyakit rematik ini identik pada orang lansia, baik laki-laki atau juga wanita. Namun bukan tidak mungkin penyakit rematik menyerang usia muda. Penyebab dari penyakit rematik pada lansia adalah karena faktor dari gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit rematik pada lansia adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Rasa nyeri yang muncul biasanya menyerang bagian sendi di bagian kepala sampao sendi dibagian kaki sehingga akan menyebabkan batasan pada ruang lingkup dalam melakukan aktivitas. Sebaiknya jangan remehkan penyakit rematik ini karena jika Anda tidak melakukan pengobatan sejak dini, maka resiko kelumpuhan bisa saja terjadi, bahkan kecacatan, dan juga kematian untuk kasus yang sudah parah.

Gejala penyakit rematik pada lansia adalah :

  1. Penyakit rematik pada lansia yang akan kambuh disaat terjadinya perpindahan cuaca dari panas ke dingin, atau juga disaat cuaca mendung dan bahkan mau hujan, dan disaat Anda mengonsumsi pantangan makanan seperti kangkung, sayur bayam, kelapa, dan juga santan.
  2. Munculnya pembengkakan dan rasa nyeri sendi, biasanya nyeri sendi dibagian tangan
  3. Terjadinya pembengkakan pada tiga sendi, terjadi disaat yang bersamaan dan bahkan terjadi dengan bergantian pada daerah sendi yang lain.
  4. Terjadi suatu pembengkakan dan nyeri sendi pada kedua sisi tubuh yang sama, dan biasanya akan menyerang sendi pada bagian pergelangan tangan.
  5. Sakit pada sendi kadang menimbulkan pembengkakan pada bagian pergelangan jari tangan, kaki, bahu, lutut, dan pinggang, punggung, serta pada bagian leher.

Penatalasanaan dari penyakit rematik pada lansia adalah :

  1. Menggunakan obat-obatan
    Hingga saat ini masih belum ada obat yang spesifik dan juga khas yang bisa membantu mengatasi penyakit rematik khususnya penyakit rematik osteoarthtiris, karena patogenesisnya hingga saat ini masih belum jelas. Obat yang diberikan biasanya bertujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit, dan selain itu juga meningkatkan mobilitas serta membantu mengurangi ketidakmampuan. Obat-obatan yang diberikan untuk jenis obat anti inflamasi yang bekerja sebagai analgetik dan juga membantu mengurangi sinovitis, walaupun tidak bisa memperbaiki atau juga menghentikan suatu proses patologis osteoarthritis.
  2. Perlindungan sendi
    Penyakit rematik pada lansia yang dilakukan dengan cara perlindungan sendi. Hal yang harus dilakukan adalah menghindari aktivitas yang berlebihan pada bagian sendi yang sakit. Dan pemakaian dari tongkat, alat listrik yang akan membuat kerja sendi semakin ringan.
  3. Melakukan diet
    Diet menurunkan berat badan pada mereka yang mengalami penyakit rematik pada lansia adalah untuk mengurangi munculnya keluhan serta peradangan yang terjadi.
  4. Dukungan psikososial
    Dukungan psikososial yang dibutuhkan pasien nyeri sendi akibat sifatnya yang terjadi secara menahun dan selain itu ketidakmampuan yang muncu. Dilain sisi, pasien yang ingin menyembunyikan ketidakmampuannya, dan pada pihak yang lainnya ingin orang lain ikut ambil perhatian akan penyakitnya. Pasien penyakit rematik pada lansia biasanya sering keberatan dalam menggunakan alat-alat pembantu karena faktor psikologis ini.
  5. Disfungsi seksual
    Disfungsi seksual yang banyak dialami oleh penderita penyakit rematik pada lansia ini biasanya adalah dibagian tulang belakang, paha dan juga lutut. Dan sering kali diskusi akibat ini harus segera dimulai dari dokter karena biasanya pasien masih enggan untuk mengutarakannya.
  6. Melakukan fisioterapi
    Fisioterapi sangat penting untuk proses penanganan penyakit rematik yang meliputi dengan pemakaian pada panas serta dingin dan juga program latihan yang tepat. Selain itu, pemakaian dari oanas yang seang akan diberikan sebelum latihan untuk membantu mengurangi rasa nyeri serta ketakutan. Dan di bagian sendi yang aktif sebikany diberikan dingin serta obat-obatan gosok dan jangan dipakai sebelum melakukan pemanasan. Berbagai sumber panas yang bisa dimanfaatkan adalah seperti Hidrokolator, bantalan elektrik, ultrasonic, inframerah, madin paraffin dan juga madi pancuran panas.
    Program latihan ini dilaukan dengan tujuan untuk membaantu memperbaiki gerakan sendi serta membantu menguatkan otot yan biasanya atropik disekitar daerah sendi.
  7. Operasi
    Penyakit rematik pada lansia yang dialami khususnya penderita penyakit osteoarthritis dengan melakukan operasi. Kerusakan sendi yang terjadi dengan nyata dan nyeri yang terjadi menetap serta kelemahan fungsi. Dan tindakan yang dilakukan adalah dengan melaukan osteotomy sehingga bisa membantu untuk mengoreksi ketidaklurusan atau juga ketidaksesuaian, debridement sendi untuk membantu menghilangkan fragmen tulang rawan sendi, serta untuk pembersihkan osteofit.

Itulah informasi mengenai penyakit rematik pada lansia, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penyakit Rematik pada Lansia

Cara Pemesanan Obat Rematik Tradisional, Herbal & Alami

Obat Rematik dan Asam Urat, Membantu Meredakan Nyeri dan Pegal Linu

Harga Obat Rematik

Harga Obat Rematik

Harga Obat Rematik

Harga Obat Rematik 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10 Hari)

garis

Paket HEMAT Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Rematik

Paket Hemat Obat Rematik

Paket HEMAT Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40 Hari)pesansp

Cara Pemesanan Cepat Obat Rematik, Asam Urat, Nyeri Sendi, Pegal Linu:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Obat Rematik Herburat, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Obat Rematik Tradisional, Herbal dan Alami Untuk Membantu Mengobati Rematik, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Rematik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.